Definisi Komunikasi Massa Menurut Para Ahli
Definisi Komunikasi Massa Menurut Para Ahli
Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai suatu jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah audien yang tersebar, heterogen, dan anonim melalui media massa cetak ataupun elektronik sehingga pesan yang diterima secara serentak dan sesaat. Konteks komunikasi massa dikaitkan dengan komunikasi publik. Komunikasi publik adalah komunikasi antara komunikasi antara seorang pembicara dengan khalayak, yang tidak dikenali satu persatu. Komunikasi demikian sering juga disebut pidato, ceramah, atau kuliah (umum)
- Definisi Komunikasi massa menurut Joseph A. Devito
Komunikasi massa adalah
komunikasi yang di tunjukan kepada massa, kepada khalayak yang luar biasa
banyaknya. Ini tidak berarti bahwa khalayak meliputi seluruh penduduk atau
semua orang membaca atau semua orang yang menonton televisi, agaknya ini tidak
berarti pula bahwa khalayak besar dan pada umumnya agak sukar untuk
didefinisikan. Kedua, komunikasi massa adalah komunikasi yang di salurkan oleh
pemancar- pemancar yang audio dan atau visual. Komunikasi massa barangkali
akaan lebih mudah dan lebih logis bila di definisiksn bentuknya (radio,
televisi, surat kabar, majalah, film, buku dan pita.
- Menurut Jay Black dan Frederick C (Nurdin, 2004)
Mereka menyatakan bahwa komunikasi massa adalah sebuah proses dimana pesan-pesan yang
diproduksi secara massal/tidak sedikit itu disebarkan kepada massa penerima
pesan yang luas, anonim, dan heterogen. Luas disini berarti lebih besar
daripada sekedar kumpulan orang yang berdekatan secara fisik sedangkan anonim
berarti individu yang menerima pesan cenderung asing satu sama lain. Heterogen
berarti pesan dikirim kepada orang-orang dari berbagai macam status, pekerjaan,
dan jabatan dengan karakteristik yang berbeda satu sama lain dan bukan penerima
pesan yang homogen.
- Menurut Meletzke
Definisi komunikasi massa dari Meletzke berikut ini memperlihatkan
massa yang satu arah dan tidak langsung sebagai akibat dari penggunaan media
massa, juga sifat pesannya yang terbuka untuk semua orang. Dalam definisi
Meletzke, komunikasi massa diartikan sebagai setiap bentuk komunikasi yang
menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran teknis secara
tidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar (Rakhmat seperti yang
dikutip dalam Komala, dalam Karlinah. 1999). Istilah tersebar menunjukkan bahwa
komunikan sebagai pihak penerima pesan tidak berada di suatu tempat, tetapi tersebar di berbagai tempat.
Komentar
Posting Komentar